Taki Takining Suwaka Guna Widya

Cara membuat karakter ulat di flash

 

Pada tutorial saya yang selanjutnya , disini saya akan share tutorial flash, yaitu cara membuat karakter ulat. Disini saya menggunkan adobe flash    CS3. Baiklah kita langsung saja ke tutorialnya:

MEMBUAT OBJEK BADAN ULAT

  1. Jalankan software Adobe Flash pada komputer anda.
  2. Pada dialog Welcome Screen pilih Flash file(ActionScript 2.0) pada kategori Create New.
  3. Aktifkan Oval Primitive tool pada panel tools. Klik-tahan pada Rectangel tool.
  4. Buat objek lingkaran pada Stage. Tekan tombol Shift saat membuat objek lingkaran untuk mendapatkan objek yang proporsional.
  5. Selanjutnya buat objek oval menggunakan tool yang sama.
  6. Pada Property Inspector beri nilai Inner Radius untuk melubangi objek oval.

  7. Atur posisi objek oval dan lingkaran menggunakan Selection tool seperti ilustrasi pada gambar berikut.
  8. Klik objek lingkaran pada Stage. Tekan Ctrl+C lalu tekan Ctrl+Shift+V untuk menjalakan perintah copy and paste in place pada objek
  9. Seleksi objek lingkaran hasil langkah di atas dan objek oval pada stage.
  10. Pilih menu Modify > Combine > Intersect. Hingga objek akan saling berpotongan.
  11. Duplikat objek hasil perpotongan dengan menekan Ctrl+D.
  12. Selanjutnya pilih menu Modify > Transform > Flip Vertical. Untuk membalikkan posisi objek secara vertical.

MEWARNAI OBJEK BADAN ULAT.

  1. Sekarang kita akan mewarnai objek badan ulat. Klik objek lingkaran pada Stage.
  2. Aktifkan Swatches panel pada area kerja. Pilih jenis warna gradasi Radial hijau seperti gambar berikut.
  3. Pada Color panel , klik pada point warna di sebelah kanan. Lalu pilih warna dengan kode #006600.
  4. Gunakan Gradient Transfrom Tool (F) kemudian klik objek lingkaran untuk mengatur besar warna gradasi pada objek. Perhatikan ilustrasi pada gambar.
  5. Kemudian beri warna fill dengan warna kuning pada kedua objek hasil perpotongan. Pilih objek menggunakan Selection tool lalu beri warna (Fill color).
        
  6. Seleksi semua objek pada Stage. Pastikan ketiga objek tersebut terseleksi.
  7. Aktifkan Stroke color pada Tools panel. Klik No color pada panel seperti gambar berikut.
  8. Ketika semua objek masih terseleksi. Tekan Ctrl+G untuk menjalankan perintah Group.
  9. Duplicat objek badan ulat yang telah dibuat menjadi empat buah.
  10. Atur posisi dengan Selection Tool, lalu atur ukuran setiap objek hasil duplikat menggunakan Free Transfrom tool (Q). Tekan Shift Saat membesarkan atau mengecilkan objek agar objek tetap proporsional dari tengah objek.
  11. Selanjutnya kita menambahkan objek ekor pada badan Ulat. Buat objek oval menggunakan Oval Primitive tool.
  12. Beri warna kuning pada fill color.
  13. Hapus Stroke color pada objek.
  14. Objek kuning ini adalah ekor. Posisikan objek di paling belakang(paling kanan) dan atur ukurannya. Caranya sama seperti mengatur ukuran badan ulat.
  15. Klik kanan pada objek ekor. Lalu pilihlah menu Arrange > Send to back atau tekan Shift+Ctrl+Down.
        

PEMBUATAN OBJEK KEPALA ULAT.

  1. Buat objek lingkaran menggunakan Oval Primitive tool.
  2. Berilah komposisi warna yang sama dengan lingkaran pada objek badan sebelumnya.
  3. Duplicat objek lingkaran yang akan kita gunakan sebagai objek mata.
  4. Atur bentuk dan ukuran objek menggunakan Free Transfrom Tool seperti gambar berikut.
  5. Duplikat kembali objek mata yang telah ditansfrom dengan cara copy dan paste in place pada objek.
  6. Kecilkan ukuran objek tersebut dan ubah warna fill objek menjadi kuning.
  7. Kemudian tambahkan objek lingkaran kecil pada objek mata hingga mendapatkan hasil seperti gambar berikut.
  8. Seleksi semua bagian mata dan lakukan proses Group pada objek mata.
  9. Letakkan objek mata di atas objek kepala. Lakukan duplikasi pada objek mata dan letakkan seperti gambar berikut.
  10. Tambahkan objek hidung pada ulat dengan menduplikat objek lingkaran kepala
  11. Atur bentuk dan ukuran objek hidung menggunakan Free Transfrom tool seperti gambar berikut.
  12. Sekarang posisikan objek hidung pada objek kepala. Lalu lakukan proses Group pada semua bagian kepala.
  13. Sekarang kita hanya tinggal menggabungkan objek kepala dengan semua bagian objek badan ulat.

 

[ sumber ]

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.