Penjelasan contoh program dasar java

CONTOH PROGRAM :

class test
{
public static void main(String args[])
{
System.out.println(“selamat datang di program java”);
}
}

PENJELASAN :

Program test.java ini adalah sebuah program yang akan menghasilkan kata “selamat datang di program java” pada outputnya . Coding pertama yaitu “class test” merupakan pendeklarasian sebuah class dengan nama test . Menamai sebuah class merupak kewajiban dan penamaannya dapat apa saja . Jika diperhatikn deklarsi class ini diawali dengan tanda ” { ” dan diakhiri dengan tanda ” } ” , hal ini menandakan bahwa semua yang berada dalam tanda tersebut merupakan bagian dari class ini .

Lalu coding ” public static void main (String args[])” yaitu mendeklrasikan suatu method dengan nama main . Nama main disini merupakan keharusan dalam java karena java akan mencari method yang bernama main ini sebagai awal eksekusi program . Keyword public merupakan access specifier yang menentukan visibility level dari method ini . Public berarti method ini dapat di access dari manapun dari luar class .

Method main() akan dipanggil dari luar oleh runtime java pada saat program akan dieksekusi sehingga access specifiernya harus menggunakan public . Keyword static memungkinkan method main() dipanggil tanpa harus terlebih dahulu membuat instance dari class sederhana , ini diperlukan karena method main() akan dieksekusi sebelum objek apapun dibuat dalam memori . Keyword void berarti bahwa method main() tidak mengembalikan nilai apapun setelah dipanggil ( dieksekusi ) .

Setelah itu coding ” System.out.println(“selamat datang di program java”); yaitu Coding system merupakan nma dari salah satu class standar yang dimiliki oleh java . Lalu coding out merupakan anggota dari class system dan juga merupakan objek tersendiri . Out mewakili standar output stream yang dalam hal ini digunakan layar komputer . Lalu coding println merupakan method yang terdapat dalam objek out . Berfungsi untuk mencetak keluaran ke standar output . Method ini juga mencetak karakter pindah baris . Untuk mencetak tanpa pindah baris bisa menggunakan print(); . Terakhir tanda ” ; ” diperlukan untuk menandai suatu akhir dari suatu statment .

[ sumber ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s