Loew Siap Untuk Memainkan Messi Jerman

Loew Siap Untuk Memainkan Messi JermanBerlin (AFP/ANTARA) – Bintang remaja Mario Goetze telah dijuluki sebagai Lionel Messi-nya Jerman dan meskipun didera cedera di 2012, pelatih Joachim Loew mengatakan ia berencana untuk memberinya peran penting di Euro 2012.

Goetze baru genap 20 tahun pada 3 Juni, enam hari sebelum Jerman memulai laga Grup B mereka melawan Portugal di Lviv, Ukraina.

Setelah bergabung dengan klub kota kelahirannya sejak berusia delapan tahun, ia membuat debut Bundesliga pada bulan November 2009 dan merupakan bagian dari skuad Borussia Dortmund yang menjadi juara Jerman selama dua musim terakhir.

Pada Oktober 2010, Goetze menjadi pemain Jerman kedua termuda yang melakukan debutnya, hanya lima bulan setelah genap 18 tahun.

Memiliki visi besar dan kemampuan untuk menempatkan teman setim ke dalam posisi mencetak gol yang dengan berbagai umpan, gelandang menyerang itu telah membuktikan ia dapat mempertajam serangan Jerman, meskipun dengan umur mudanya.

Dia mengumumkan kedatangannya Agustus lalu dengan dua pertunjukan menonjol.

Bermain gemilang dalam permainan pembuka Dortmund musim ini saat mengalahkan Hamburg 3-1, Goetze mencetak satu gol dan menciptakan gol lain sampai harian Jerman Bild membuat judul “Goetzlich”, sebuah permainan kata yang berarti “Tuhan” dalam bahasa Jerman.

“Kami memanggilnya ‘Goetzinho’,” aku gelandang Dortmund Sven Bender.

“Dia meningkatkan standar pemain di sekitarnya, dia mengontrol bola seolah-olah dia memiliki magnet di sepatunya.”

Lima hari setelah mengalahkan Hamburg, Goetze membuat start pertamanya untuk Jerman dan menginspirasi kemenangan 3-2 atas Brasil dalam pertandingan persahabatan di Stuttgart sekaligus menunjukkan kemampuannya kepada para pemain asal Amerika selatan dan mencetak gol internasional pertamanya.

Dia memperkuat posisinya dengan gol akhir dalam kemenangan 6-2 melawan Austria pada awal September yang juga memastikan Jerman masuk Euro 2012.

“Dia tidak mungkin dihentikan. Anda tidak bisa lebih baik dari dia,” puji mantan pelatih dan kapten Jerman yang memenangkan Piala Dunia Franz Beckenbauer. “Kemampuannya itu seperti Lionel Messi, serta pemahamannya tentang permainan dan teknik.”

“Selain itu, dia bermain dengan naluri — seperti Messi.”

Beckenbauer tidak sendirian: Matthias Sammer, direktur teknik federasi sepakbola Jerman (DFB), mengatakan Goetze adalah salah satu talenta terbaik yang telah dihasilkan sepak bola Jerman.

“Dia pemain yang luar biasa: cepat, kreatif dan dengan kemampuan teknis yang luar biasa,” kata Sammer. “Dia salah satu pemain paling berbakat yang pernah kami punya.” (nm/ar)

[ sumber ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s