Tips Usir Rasa Gugup Saat Persentasi Ala Steve Jobs

tips presentasi [DuniaQ Duniamu]Bagi sebagian orang berbicara di muka umum atau melakukan presentasi menjadi hal paling ‘menakutkan’. Karenanya, setiap orang yang ingin melakukan presentasi harus memiliki teknik yang benar.

Cara presentasi menjadi kemampuan wajib yang harus dimiliki setiap orang yang ingin sukses pada masa ini,” kata Lawrance Tjandra, Senior Consultant Inke Maris & Associates dalam acara L’Oreal Girls Science Camp 2012.
Tjandra menjelaskan, cara membawakan presentasi ternyata punya efek yang tidak kalah besarnya dibanding isi presentasinya.
“Bahkan seringkali materi yang sebenarnya sangat bagus namun dibawakan dengan cara presentasi yang biasa-biasa saja atau malah cenderung buruk bisa kehilangan kekuatannya,” jelasnya.
Nah, ingin sukses dalam presentasi? Simak teknik jitu presentasi ala Stave Jobs yang diungkapkan Tjandra di depan puluhan siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Indonesia.
Tentukan tema yang friendly
Sebelum memulai presentasi, persiapkan terlebih dahulu satu tema khusus yang akan kita hadirkan ketengah-tengah audiens pada hari itu. Tidak perlu membuat tema yang ribet, cukup fokuskan pada pesan atau fokus yang menjadi inti dari materi kita pada saat tampil.
Tunjukkan antusiasme
Agar pendengar tidak terkantuk-kantuk sepanjang sesi presentasi, orang yang berbicara harus menunjukkan semangat selama menyampaikan materi presentasi yang disampaikan.
Dalam tiap presentasinya, Jobs sering menggunakan kata amazing, cool, dan extraordinary ketika memperkenalkan berbagai fitur yang dimiliki perangkat andalannya saat itu.
Dahulukam poin-poin penting
Sebelum mulai presentasi, Jobs selalu menjelaskan kepada audiensnya ada berapa poin penting yang ingin ia sampaikan dalam presentasinya saat itu.
Memberikan panduan yang jelas di awal presentasi dan mengikuti alur sesuai garis besar yang kita sampaikan, membantu pendengar lebih mudah menyimak materi yang disampaikan.
Buat angka menjadi berarti
Kalau kita punya data berupa angka yang dapat menunjang presentasi, manfaatkanlah sampai optimal. Memberikan data melalui angka, terutama apabila angka yang kita sampaikan cukup signifikan, biasanya akan menarik perhatian pendengar dan penasaran untuk terus menyimak.
Sering latihan
Agar materi yang disampaikan dapat dibicarakan dengan lancar, tentunya latihan sangat diperlukan. Kesuksesan presentasi yang dilakukan Jobs kabarnya lahir dari belasan jam yang ia relakan untuk melatih terus menerus penyampaian presentasinya.
Jangan lupakan juga detil penting, seperti slide yang menarik atau tulisan yang jelas terbaca sebagai bagian dari persiapan.
Jangan pusingkan hal kecil
Persiapan puluhan jam boleh saja dilakukan tapi ketika saatnya tampil bukan tidak mungkin ada hal yang tidak diinginkan malah terjadi. Kalau muncul kejadian di luar rencana, santai saja.
Ketika ada salah satu slide interaktifnya tidak berfungsi, Jobs ternyata hanya memilih tertawa dan sesegera mungkin beralih ke topik selanjutnya

[ sumber ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s