Cara Meningkatkan Kecepatan Loading Blog

Pembaca yang Budiman, di tahun 2011 ini Google sebagai search engine paling wahid di dunia telah menegaskan : The Web Should be Fast ! Mereka akan memasukkan faktor kecepatan loading blog ke dalam pengukuran peringkat web/blog (Google PR). Mengapa demikian ?

Menurut Google, faktor kecepatan sebuah blog dapat meningkatkan user experience. Pernahkah anda mengunjungi blog / web yng loadingnya lelet luar biasa? Apakah anda mau menunggu sampai bermenit-menit? jangankan dalam hitungan menit, biasanya jika blog tidak terbuka lebih dari 10 detik biasanya kita akan langsung menutup windownya. Kecuali jika blog tsb adalah blog teman baik, saudara, pacar atau kecengan :D

Bagi yang making money online (jual produk, jual jasa, jual space banner, ikutan job-review, jual text-link, ppc, pps, adsense, dll) faktor kecepatan loading blog adalah variabel yang sangat penting. Dengan mengoptimasi kecepatan blog, sebenarnya anda telah ‘memberi penghargaan’ kepada calon kostumer-calon pemakai jasa-calon pemasang iklan-calon pembaca baru blog anda. Apa yang dihargai? Tentu saja waktu mereka.

Menyadari filosofi Google tentang kecepatan ini, saya langsung mengecek kecepatan blog dot com saya dan agak shock ketika diukur dengan Page Speed Google Labs. Score page speed hanya 49 dan kecepatan loading lebih dari 18 detik :lol:

Berhari-hari saya ngubek-ubek tentang cara mengoptimasi loading kecepatan blog dan akhirnya ketemu juga sumber-sumber yang menyediakan tutorial bagus. Hampir semua saya praktekkan (tidak semua karena ada yg menuntut saya mengutak-atik kode CSS dan PHP which is saya masih gaptek sekali dalam hal-hal itu)

Ini screenshot dari blog saya (http://www.rahasiaotak.com) ketika sudah di-optimasi kecepatan loadingnya. Saya menggunakan Page Speed dari Google Labs. Klik disini untuk mencoba sendiri.

cara ngecek kecepatan loading blog website

klik supaya jelas

Blog saya versi desktop scorenya menjadi 96, mengalami peningkatan pesat dari yang tadinya hanya 49.

cara ngecek kecepatan loading blog website

klik supaya jelas

Blog yang sama ketika diukur versi mobile-nya mengalami peningkatan score yang cukup signifikan. Dari 60-an menjadi 80.

Perlu narablog ketahui, score yang saya peroleh dari Page Speed ini bukan score kecepatan loading blog. Score-score tsb diperoleh dari pengukuran sejauh mana kita telah mengoptimasi kecepatan sebuah blog ( variabel apa saja sih yang sudah berhasil kita optimasi untukmeningkatkan kecepatan loading blog )

Namun memang terdapat korelasi antara score ini dengan kecepatan loading blog sobat. Jika sobat narablog mendapat score tinggi (75-100) maka sudah bisa dipastikan loading blog sobat juga terbilang cepat.

[ sumber ]

Leave a Reply

