Hasil UN NTT Rendah akibat Fasilitas Pendidikan Minim

Hasil UN NTT Rendah akibat Fasilitas Pendidikan Minim KUPANG–MICOM: Merosotnya hasil ujian nasional (UN) siswa sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK) di Nusa Tenggara Timur (NTT) akibat minimnya sarana pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga NTT Klemens Meba mengatakan, rasio perpustakaan sekolah di daerah itu satu berbanding 0,25 atau satu perpustakaan dimanfaatkan oleh 15 sekolah. Fasilitas laboratorium lebih buruk lagi, yakni setiap laboratorium dimanfaatkan oleh 30 sekolah.

Selain itu, ujarnya, dari 82.000 guru hanya 54.000 yang berpendidikan sarjana. Sisanya tamatan SMA atau berijazah diploma.

Meskipun peringkat kelulusan UN SMA di NTT terendah se-Indonesia, ujarnya, persentase kelulusan ternyata meningkat sebesar 0,7%. Dari 36.228 peserta UN SMA dan SMK, sebanyak 1.994 siswa tidak lulus. Sedangkan persentase kelulusan UN pada 2011 sebesar 94,43% dari 32.532 siswa.

Namun tahun ini tidak ada sekolah yang lulus 100% seperti hasil UN tahun-tahun sebelumnya. Angka kelulusan rata-rata 80% dan paling rendah 78%. “Masih banyak kekurangan yang perlu mendapat perhatian, khususnya yang berkaitan langsung dengan peningkatan kemampuan individu siswa,” katanya.

Sementara itu, Wakil Gubernur NTT Esthon Foenay mengatakan penaikan persentase kelulusan UN SMA dan SMK sebesar 0,7% menunjukkan peningkatan kualitas peserta UN semakin baik. Esthon tidak ingin persentase kelulusan UN di daerah itu dibandingkan dengan daerah lain yang memiliki fasilitas pendidikan cukup, dan guru-guru yang memiliki kualifikasi sarjana bahkan pascasarjana. (PO/OL-01)

[ sumber ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s