Asrama Mahasiswa Bali Viyata Tampaksiring | Asrama Mahasiswa Bali Di bandung

sudah 2 tahun aku merantau di kota kembang bandung untuk menuntut ilmu di tingkat perguruan tinggi. Di Kota ini terdapat kampus terbaik dimana hampir sebagian putra putri terbaik bangsa ini menempatkan dirinya pada kampus tersebut. Institut Teknologi Bandung ( ITB ) namanya, sebuah kampus teknik idaman semua orang.  banyak yang mencoba untuk memasukinya dari sabang sampai marauke, dan Mahasiswa Dari balipun ikut serta.

Sejak SMP aku sudah biasa hidup merantau jauh dari orang tua, sampai pada akhirnya aku melanjutkan kuliah di Kota Kembang bandung. Tidak seperti perasaan yang aku alami saat merantau dahulu. meskipun dulu masih di bali dan dekat dengan sanak keluarga namun aku jarang merasakan yang namanya kekeluargaan. Namun saat aku menginjakan kaki pertama kali di sebuah halaman rumah aku sudah merasakan adanya rasa yang nyaman. Dan benar saja baru 1 minggu aku berada disana aku sudah bisa merasakan rasa kekeluargaan yang tinggi.

Asrama Mahasiswa Bali Viyata Tampaksiring itu lah nama tampak ku bernaung.  Sebuah asrama yang penuh dengan rasa nyaman, damai, tentram, ramah tamah antar penguni dan rasa kekeluargaan tinggi. Pernah pada suatu saat aku sakit, demam mungkin karena pergantian suhu yang aku alami. Saat aku sakit, hampir semua orang menanyaiku apakah sudah membaik, sudah makan, sudah minum obat. Bahkan Salah seorang teman angkatanku saat itu sampe membelikanku makan malam aku sendiri tidak tau kalau tiba tiba dia membawa makanan untukku.

Dulu Asrama Mahasiswa Bali Viyata Tampaksiring ini sering disebut dengan sebutan BULDOG atau BULELENG DOGEN kenapa? karena dari tahun ketahun hampir semua penghuninya berasal dari kabupaten buleleng. Dan benar saja saat pertama kali aku sampai disana dan tegur sapa dengan penghuni asrama  logat logat orang buleleng sangat kental terdengar. Karena saya kebetulan orang Buleleng juga jadi tidak masalah mendengar logat logat seperti itu. Namun kini penghuni asrama sudah heterogen ada yang berasal dari Denpasar, Klungkung, Karangasem, Giayar, Bangli dan Singaraja sendiri namun aneh nya mereka semua yang berasal dari luar Buleleng juga ikut kena logat logat buleleng dari kata kata sehari hari, mimik, pengucapan dll. Mungkin itu yang dinamakan titipan nenek moyang asrama yang harus di lestarikan sebagai ciri khas Asrama Mahasiswa Bali Viyata Tampaksiring.

Suasana Kekeluargaan sangat terlihat jika di asrama mengadakan acara bersama misalnya masak masak, buat lawar, manggang dll. Beda dengan sewaktu aku di bali , disini semuanya terlibat saling membantu, 

Sambil Mengeluarkan lelucon lelucon yang membangkitkan canda tawa di antara yang mendengarkannya. Meskipun sambil tertawa dan terlihat santai keseriusan dalam bekerja tetap jadi prioritas utama. Meskipun kami disini mahasiswa yang notabene nya tidak tau tentang bumbu bumbu masakan yang enak enak namun dengan sedikit inisiatif bertanya ke orang tua dirumah tentang bumbu bumbu masakan yang enak enak. Sebuah kebersamaan ini sangat aku rindukan sejak lama dulu aku mengira kebersamaan dengan rasa kekeluargaan hanya akan aku dapatkan ketika aku berkumpul dengan keluarga kandung ku saja karena dulu sewaktu tinggal bersama sanak keluarga rasa kebersamaan yang aku dapatkan semuanya semu. Namun Siapa yang menyangka pilihan ku untuk melanjutkan kuliah di Bandung  ternyata telah membawaku bertemu dengan keluarga yang sebenarnya. Rasa kekeluargaan yang pernah aku rasakan dulu kini aku dapatkan kembali disini. Meskipun kami disini berbeda daerah dan mungkin berbeda tradisi namun itu lah yang menyatukan kami sehingga tercipta kekeluargaan yang begitu kental. Keluarga ku dibandung bernama Asrama Mahasiswa Bali Viyata Tampaksiring. Keluargaku Berapa Di jalan Ciung Wanara 18 Bandung. hanya 15 meter dari kampus ITB.

Leave a Reply

